Popular Posts

Pages

RSS
Container Icon

Persahabatan, Cinta dan Cita-Cita


Judul buku : Perahu kertas
Penulis      : Dee
Penerbit     : Bentang
Harga        : Rp.69000 
Tebal         : 444 

Namanya Kugy, gadis mungil, periang, berantakan penghayal, dan dari benaknya benaknya mengalir untaian dongeng indah. Buku – buku dongeng yang dibacanya menjadikan dia bercita - cita menjadi pendongeng yang handal. Kugy suka sekali membuat perahu kertas yang bertuliskan tentang resahnya, senangnya atau bahagianya, dan dia hanyutkan ke laut. Dia menganggap bahwa dirinya adalah agen Neptunus yang dikirim ke bumi. Keenan cerdas artistik dan penuh kejutan. Dan dari tangannya mewujud lukisan – lukisan indah. Lukisan – lukisan Keenan terinspirasi dari dongeng – dongeng yang di tulis oleh Kugy.

Kugy dan Keenan bertemu tanpa sengaja di Stasiun dan ternyata Keenan adalah sepupu dari pacar sahabatnya Noni. Sejak kali pertama bertemu mereka sebenarnya telah jatuh hati. Keenan menganggap bahwa Kugy adalah gadis aneh dan Keenan tidak pernah bertemu gadis sepertinya, sedangkan Kugy melihat Keenan adalah lelaki yang ajaib. Namun mereka tidak menampakkan rasa cinta mereka karena pada saat itu Kugy sudah mempunyai pacar bernama Joshua yang biasa di panggil Ojos.

Kugy ingin menjadi pendongeng hebat, tetapi disisi lain dia tidak mempercayai bahwa dirinya mampu,hingga tulisan- tulisan dongengnya hanya dia simpan, sedangkan Keenan yang ingin menjadi Pelukis harus rela mengubur cita- citanya demi kepatuhan terhadap ayahnya. Setiap keenan melukis ayahnya selalu melarangnya, dia berharap banyak kepada Keenan. Keenanlah yang kelak menjadi penerus perusahaan Trading ekspor Import terbesar ketika dirinya sudah meninggal. Karena itu ayahnya memaksa Keenan untuk kuliah di salah satu universitas di Bandung di fakultas Ekonomi. Universitas yang sama dengan Kugy.

Di Universitas ini konflik demi konflik di mulai. Ketika Keenan dikenalkan dengan Wanda sepupu Noni, seakan ada titik terang bagi Keenan untuk mulai yakin memilih jalan sebagai seorang pelukis. Keenan yang kemudian melepaskan status mahasiswanya demi menggapai cita- citanya, dan rela melepaskan hubungan dengan keluarganya. Namun ternyata hal itu tidak berjalan mulus, dia merasa telah ditipu oleh Wanda. Hingga kemudian Keenan pergi meninggalkan Bandung dan menyepi ke Bali. Jadilah Kugy dan Keenan terpisah dan tidak ada komunikasi.

Setelah beberapa tahun berpisah mereka bertemu kembali di pertunangan Eko dan Noni. Mereka berdua sudah mempunyai pacar. Tetapi rasa cinta mereka tidak pernah surut. Akankah keduanya bersatu dan bagaimanakah perjalanan mereka menerjemah mimpi – mimpi mereka menjadi nyata?

Buku ini ide ceritanya sederhana, hanya soal cinta seperti layaknya novel – novel yang lain, tetapi penyajiannyalah yang membuat novel ini berbeda. Ada cerita tentang persahatan, kesetiaan, kerelaan berkorban demi orang lain untuk tidak menyakiti orang- orang yang telah mencintai denga setulus hati, juga langkah- langkah kecil untuk mewujudkan mimpi – mimpi menjadi kenyataan.

Ramuan yang begitu memikat dari bab satu ke bab lain membuatku tak bisa lepas untuk tidak membacanya sampai selesai. Penasaran dari setiap bab seakan memburu untuk segera mengetahui kelanjutan dari ceritanya.

Bahasanya ringan dan kocak, selain dikejar dengan peristiwa – peristiwa yang akan terjadi kita juga benar- benar terhibur. Di akhir bab kita juga akan bisa mengetahui proses kreatif dari penulisan novel ini. sehingga dari situ kita juga bisa belajar untuk menulis novel dan ide dasarnya darimana.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar